Persiapan Mendaki Gunung Batur

persiapan mendaki gunung Batur

Persiapan Mendaki Gunung Batur

Beranda » Blog » » Persiapan Mendaki Gunung Batur
2,074 Views

BEBERAPA PERSIAPAN MENDAKI GUNUNG BATUR YANG HARUS KALIAN KETAHUI

Persiapan mendaki gunung Batur – Sama halnya untuk mendaki ke gunung lain yang ada di Indonesia, tentunya kalian juga perlu melakukan persiapan matang beberapa hari sebelum naik gunung. Hal ini agar perjalanan berjalan lancar sesuai dengan rencana. Jika segala hal sudah di siapkan secara detail maka kalian bisa mendapatkan pengalaman yang berkesan dan tidak terlupakan.

 

persiapan mendaki gunung Batur

 

Memanglah benar jika gunung Batur hingga kini masih merupakan gunung berapi yang aktif. Saat kalian sampai dipuncak gunung ini, maka kalian bisa melihat beberapa uap panas yang keluar dari bebatuan di sekitar puncak. Hal itu terjadi karena aktivitas vulkanik yang terjadi di perut gunung Batur. Gunung yang terletak di desa Batur ini memiliki 3 buah kawah. Dua di antarnya berada di gunung itu sendiri dan kawah ketiga terletak di Danau Batur.

 

Sekedar info, gunung Batur dari tahun 1804 hingga tahun 2000 sempat meletus sebanyak 26 kali. Letusan paling dahsyat terjadi pada tahun 1926. Pada saat itu letusan yang terjadi mengeluarkan lelehan lahar yang cukup banyak bahkan sampai menutupi seluruh desa Batur kuno pada waktu itu. Kini sisa-sisa dari letusan tersebut sudah mengeras menjadi batu lahar. Jika kalian sempat berkunjung ke salah satu café shop di Kintamani, maka kalian bisa melihatnya dengan jelas.

 

5 PERSIAPAN MENDAKI GUNUNG BATUR

Ada beberapa hal penting yang perlu kalian catat dan lakukan jika memiliki rencana naik gunung Batur saat mengisi waktu liburan di Bali. Apa saja persiapan mendaki yang diperlukan? Berikut ini adalah 5 persiapan yang wajib kalian lakukan beberapa hari sebelum pendakian ke gunung Batur dimulai:

  1. Pilihlah Waktu Mendaki Yang Tepat

Pertama adalah memilih waktu mendaki yang tepat. Waktu yang paling tepat untuk mendaki ke gunung Batur adalah untuk melihat matahari terbit atau sunrise. Keindahan panorama alam yang bisa kalian lihat selama sunrise pastinya jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan mendaki pada jam-jam lain. Ini juga berarti pendakian harus di mulai saat dini hari. Setidaknya kalian sudah sampai di start poin pendakian gunung Batur pada jam 3.30 pagi. Dari setiap jalur pendakian akan memerlukan waktu 1,5 hingga 2 jam pendakian jadi kalian akan tiba di puncak sebelum matahari terbit.

 

Selain hanya melihat sunrise, kalian juga bisa memikirkan untuk mencoba camping di gunung Batur. Ada beberapa tempat yang bagus untuk mendirikan kemah digunung ini. Dengan berkemah juga berarti kalian akan memiliki waktu lebih di gunung. Selain itu, kalian juga bisa merasakan sensasi lain yang di tambah dengan gemerlapnya cahaya bintang.

 

Menentukan saat mendaki yang tepat juga wajib. Kami lebih menyarankan untuk mendaki pada musim kemarau, sekitar bulan Maret hingga September. Selama bulan ini biasanya view akan cukup cantik dan kemungkinan kabut di puncak sangatlah sedikit. Akan tetapi jika kalian berada di Bali saat musim hujan kalian bisa saja tetap mendaki gunung ini. Sebenarnya untuk di wilayah Kintamani sendiri hujan di pagi hari sangat jarang, jadi masih banyak kemungkinan kalian bisa melihat pemandangan yang indah saat berada di puncak.

 

persiapan mendaki gunung Batur

  1. Siapkan Kondisi Fisik dan Mental yang Fit

Yang kedua adalah menjaga kondisi fisik dan mental agar bagus serta fit. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak kalian inginkan seperti cedera dan keram selama pendakian, menjaga kondisi tubuh agar fit pas mendaki adalah hal yang wajib. Sangat kami sarankan untuk melakukan olahraga ringan beberapa hari sebelumnya. Dengan lari santai selama 15 hingga 30 menit sehari seminggu sebelum naik gunung akan membuat tubuh kalian lebih bugar.

 

Hindari mengkomsumsi minuman berakohol dan juga makan makanan yang terlalu banyak mengandung minyak. Hal ini akan membuat kondisi kesehatan kalian lebih fit tentunya. Dua hingga tiga hari sebelumnya cobalah untuk tidur lebih awal dan hindari bergadang serta melakukan hal-hal yang tidak penting saat malam hari.

 

Selain itu, melatih mental juga sangat di perlukan. Hal ini agar rasa semangat dan percaya diri sudah tertanam di dalam benak kalian. Dengan kondisi fisik dan mental yang bagus tentunya segala kemungkinan buruk bisa di minimalisir.

 

persiapan mendaki gunung Batur

  1. Catat Semua Peralatan dan Pakaian yang Harus Kalian Bawa

Persiapan yang ketiga adalah dengan menyiapkan berbagai alat dan pakaian apa saja yang akan kalian pakai selama mendaki. Untuk peralatan yang wajib kalian bawa adalah senter (jika ada senter kepala akan lebih bagus), tongkat mendaki, dan P3K kecil.

 

Untuk pakaian, kami sarankan untuk membawa dua jenis pakaian. Di saat mendaki kalian cukup pakai celana pendek dan kaos agar pori-pori tidak tertutup saat tubuh berkeringat. Kemudian setiba kalian di puncak barulah saatnya untuk mengenakan jaket dan celana panjang untuk antisipasi cuaca berubah menjadi dingin.

 

Mengenai sepatu untuk mendaki, sebenarnya kalian cukup memakai sepatu sport dengan grip atau alas yang cukup bagus. Sendal gunung juga bisa kalian pakai, namun jika ada sepatu hiking itu akan jauh lebih bagus dan lebih membuat kaki menjadi nyaman.

Baca Juga: Pantangan Mendaki Gunung Batur

 

persiapan mendaki gunung Batur

  1. Persiapkan Bekal Makanan & Minuman Secukupnya

Untuk gunung Batur sendiri pendakian total hanya memerlukan waktu sekitar 5 jam (naik & turun). Meskipun terdengar singkat, namun membawa bekal makanan dan minuman yang cukup itu akan memastikan kalian memiliki energi yang cukup. Kalian bisa saja membawa roti, telur rebus dan beberapa botol air minum kemasan.

 

Perlu juga kalian ketahui, di setiap puncaknya ada beberapa warung kecil yang buka. Mereka menyediakan minuman seperti kopi, teh dan cokelat panas. Selain itu, seandainya lapar kalian juga bisa membeli mie instan dengan harga Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000 untuk tiap porsinya. Jadi tidak usah kalian membawa bekal makanan dan minuman terlalu banyak karena itu akan membuat beban dalam tas punggung kalian bertambah.

  1. Pilih Tur Mendaki Gunung Batur yang Sudah Berpengalaman di Bidangnya

Hal terakhir yang perlu kalian siapkan terlebih dahulu adalah memesan paket pendakian gunung Batur. Meskipun kita ketahui bahwa medan pendakian tidaklah terlalu sulit, akan tetapi mendaki dengan guide yang sudah berpengalaman dan tahu tentang seluk-beluk pendakian gunung Batur sangatlah di sarankan.

 

Selain untuk alasan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, dengan memakai guide atau pemandu lokal itu juga berarti kalian ikut membantu dan memberikan peluang kerja untuk masyarakat yang tinggal di sekitar kaki gunung Batur.

 

Kesimpulan:

Sekian dari informasi dari kami tentang 5 hal yang perlu kalian siapkan terlebih dahulu sebelum mendaki gunung Batur. Semoga info tersebut bisa membantu dan menjadi referensi bagi kalian yang akan muncak di gunung yang tingginya 1717meter dari permukaan laut ini.

 

Jika kalian membutuhkan jasa pemandu gunung Batur atau paket tur gunung Batur, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan kami. Tentunya dengan pengalaman sejak 2009 dan tim yang sudah ahli dibidangnya akan memberikan kesan lebih menyenangkan.

 

Layanan Pelanggan:

Telpon: 082144554458

 

WhatsApp/ Telegram: 082144554458

 

Email: bagusbalisunrise@gmail.com

 

 

PERSIAPAN MENDAKI GUNUNG BATUR

BAGUS BALI SUNRISE TREKKING blog @2021

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Send Message
Hello, Can we help you please?